Agar Anak Bisa Terbuka Mengemukakan Pendapat, Lakukan Cara Berikut

Agar Anak Bisa Terbuka Mengemukakan Pendapat, Lakukan Cara Berikut

 

Dalam sebuah keluarga, keterbukaan adalah salah satu kunci bahagia dan harmonis. Akan tetapi, terbuka seperti mengemukakan pendapat akan sesuatu hal misalnya mengusulkan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, terkadang tidak bisa dikemukakan oleh anak secara bebas karena berbagai alasan dan salah satunya adalah karena takut pendapatnya tidak diterima ataupun karena takut kepada orang tua.

 

Sebagai orang tua, ada beberapa cara yang bisa membuat anak Anda menjadi lebih terbuka untuk menyuarakan pendapat. Pertama adalah beri anak perhatian dan jadikan anak prioritas. Hindari untuk mengabaikan anak karena masalah pekerjaan yang tertunda karena jika hal tersebut terjadi secara terus menerus, anak akan semakin ragu apakah pendapat yang diutarakan akan didengar atau tidak.

 

Kedua adalah mau mendengarkan apa yang dikatakan pada anak. Tidak hanya butuh perhatian yang menanyakan bagaimana kabar anak setiap harinya namun Anda juga harus siap mendengarkan tidak hanya sebagai orang tua namun juga teman bagi anak. Berikan waktu untuk sekedar mendengarkan cerita anak, karena sebagian cerita tersebut tidak butuh diberi solusi namun hanya didengarkan, dan beri ruang untuk anak agar anak tetap merasa nyaman walaupun berbicara kepada Anda sebagai orang tuanya.

 

Ketiga adalah dengan komunikasi. Harus ada timbal balik antara anak dan orang tua. Ketika ada hal yang menjadi pemicu pertengkaran, coba untuk berkomunikasi dengan baik dan hindari untuk berbicara atau melakukan hal yang tidak diinginkan saat keduanya sedang dalam mood yang buruk karena hal tersebut bisa memperparah situasi.

Berkomunikasilah dengan anak secara baik-baik dan hindari berbicara langsung ketika anak baru saja pulang atau suasana hatinya sedang tidak bagus. Anda bisa meluangkan waktu untuk duduk menikmati waktu bersama sambil ditemani hangatnya Sariwangi.

Terdapat berbagai pilihan produk teh Sariwangi misalnya teh melati dari Sariwangi. Dengan keharuman khas bunga melati, membuat Anda dan anak Anda menjadi lebih rileks saat ngobrol sehingga anak Anda bisa mengemukakan pendapat dengan terbuka tanpa ragu Anda akan menolak untuk mendengarkannya.

Jadi, sediakan Sariwangi untuk teman nge-teh di waktu istimewa Anda!