Lokasi Dan Harga Tiket Air Terjun Sipiso Piso Tongging

Sepertinya masyarakat Sumatra Utara berbangga hati, lantaran memiliki beberapa tempat wisata keren yang diakui oleh seluruh dunia. Seperti wisata danau legenda, danau Toba yang memiliki pesona danau paling luas dan unik di Indonesia. Selain itu ada lagi tujuan wisata air terjun Sipiso Piso Tongging yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia, bahkan letak kedua wisata tersebut sangat berdekatan, sehingga teman-teman traveler mudah mengakses kedua wisata terbaik di Indonesia itu sekaligus.

Air Terjun Sipiso Piso Tongging

Secara data administratif bahwa air terjun tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian mencapai 800 mdlp yang diukur diatas permukaan air laut atau sekitar 120 meter dari permukaan tanah. Disana tak hanya menyuguhkan keagungan air terjun tertinggi di Indonesia saja, melainkan pesona hutan pinus serta menjadi latar belakang nya ialah danau Toba.

Menurut data didapatkan dari situs datawisata.com bahwa wisata alam ini ditangani oleh pemkab Karo. Sedikit informasi, kalau nama air terjun Sipiso Piso Medan berasal dari kata suku Batak yang memiliki arti pisau. Secara falsafah maksudnya, ketinggian air terjun ini sangat tinggi mengalir sangat deras kebawah, seolah-olah membelah dan menyayat udara sekitar.

Agar lebih maksimal menyaksikan fenomena alam ini, maka sebaiknya teman-teman menyaksikan air terjun melalui gardu pandangan yang berada di puncak area perbukitan. Di gardu pandangan, teman-teman bisa menyaksikan keindahan hijau nya hutan pinus rindang, hingga terlihat pulau Samosir dari sana.

Setelah merasa puas menyaksikan keindahan air terjun Sipiso Piso Tongging Kabupaten Karo Sumatera Utara, maka pengunjung mulai menyusuri area perbukitan yang jaraknya cukup jauh agar sampai ke lokasi dasar air terjun. Tenang saja disana sudah ada fasilitas anak tangga yang memudahkan pengunjung sampai ke lokasi wisata. Mungkin kira-kira sampai ke dasar air terjun memerlukan waktu hampir satu jam lamanya.

Lokasi air terjun Sipiso Piso berada tak jauh dari pemukiman warga yakni di desa Tongging, Kecamatan Merek, Karo, Sumut. Sedangkan harga tiket masuk air terjun di Medan ini, tiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000.