Aqiqah dengan seekor sapi

Aqiqah Anak dengan Menyembelih Seekor Sapi Hukumnya?

Dalam beberapa kondisi atau situasi manusia dihadapkan pada persoalan-persoalan yang bersangkutan dengan keagamaan, termasuk Islam. Berbagai hal menjadi hal yang hangat dibicarakan mengenai ‘boleh’ atau ‘tidak boleh’dalam melaksanakan ibadah dengan cara lain yang mana sedikit berbeda dengan apa yang dianjurkan. aqiqah balikpapan

Contohnya perdebatan mengenai pelaksanaan aqiqah, masih banyak umat muslim yang merasa berat apabila sudah berkeinginan mengakikahkan putranya dengan 2 kambing dengan berbagai alasan. Misalnya, kondisi perekonomiannya yang kurang baik saat itu, sedang mengurus kebutuhan yang mendesak terlebih dahulu, atau memang masih belum terpikirkan untuk segera beraqiqah walaupun memilki rejeki yang mapan.

Lalu, bagaimana dengan perdebatan mengenai beraqiqah menggunakan sapi? Sebagian dari kita memang merasa asing mendengar pernyataan tersebut, pasalnya kita hanya mengetahui untuk menyembelih 2 kambing untuk 1 orang laki-laki dan 1 kambing untuk 1 orang perempuan.

Sebelum membahas boleh atau tidaknya, mari kita simak pendapat berikut ini;

(Lihat Muhyiddin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Jeddah, Maktabah Al-Irsyad, juz VIII, halaman 409).

Dari pernyataan diatas telah dijabarkan dengan jelas bahwa apabila ada 1 kelompok orang yang memiliki kemampuan atau berpatungan untuk membeli seeokor sapi yang bertujuan untuk beraqiqah dan qurban maka diperbolehkan. Dalam syarat ini maksimal 7  orang yang berniat untuk aqiqah namun sebagian lainnya ingin melaksanakan qurban menggunakan 1 ekor sapi bersamaan dengan niatanlainnya. Bahkan dalam penjelasan kitab Kifayatul Akhyar dengan jelas memperbolehkan melaksanakan aqiqah dengan unta atau sapi dibandingkan dengan kambing atau domba.

Sebenarnya, syarat aqiqah dan qurban sendiri memiliki kesamaan serta makna yang sama namn hnya niat dari masing-masing individu sajalah yang menjadi pembeda. Jika qurban dianjurkan dalam menyembelih hewan tanpa perlu dimasak, lain halnya dengan aqiqah hewan hasil penyembelihannya dianjurkan dimasak terlebih dahulu sebelum dibagikan atau disedekahkan.