Beberapa masalah kesehatan yang dapat diterapi dengan lintah

Lintah salah satu hewan yang sering kali membuat seseorang merasa geli ketika melihatnya, hewan dengan nama ilmiah Hirudinea ini ternyata sering digunakan sebagai terapi pengobatan, karena terbukti mempunyai beberapa kandungan senyawa yang berguna untuk kesehatan manusia. Terapi pengobatan yang memanfaatkan hewan tak bertulang belakang ini sudah dikenal sejak jaman dahulu kala, namun ketika itu terapi lintah mulai ditinggalkan karena berbagai alasan.

Sekitar tahun 1970-an terapi lintah mulai dikenal lagi pada masa kedokteran modern, karena lintah dipercaya memiliki beragam manfaat, baik lintahnya maupun minyak lintahnya. Didunia kedokteran salah satu kandungan minyak lintah yang dinamakan dengan hirudin sering dimanfaatkan untuk operasi saraf kecil, karena kandungan tersebut dapat memicu aliran darah pada pembuluh kapiler disaat setelah dilakukan penyambungan. Selain itu lintah juga sering digunakan sebagi media terapi alternatif sedot lintah, dimana lintah digunakan untuk media terapinya. Beberapa manfaat dari terapi ini untuk mengatasi masalah kulit, dan berikut beberapa masalah kulit yang dipercaya dapat diatasi dengan terapi sedot lintah.

1. Jerawat

Jerawat salah satu masalah kulit yang dapat diobati dengan terapi sedot lintah, dimana saat dilakukan terapi, lintah ditempelkan tepat ditengah tengah jerawat tersebut. Saat proses terapi berlangsung lintah akan menggigit dan menghisap darah kotor serta mengeluarkan beberapa senyawa yang dapat membantu menghilangkan jerawat.

2. Bisul

Bisul merupakan masalah kulit yang dapat muncul pada bagian tubuh mana saja, seperti wajah, bahu, paha, pundak, tangan dan bagian tubuh mana saja. Bisul mempunyai ciri benjolan dengan warna merah dan berisi nanah dan terasa sakit. Benjolan ini terjadi karena infeksi pada folikel rambut sehingga menimbulkan peradangan. Bisul juga masalah penyakit kulit yang dapat diterapi dengan sedot lintah.

3. Herpes

Herpes salah satu penyakit kulit yang dapat diterapi dengan sedot lintah, meskipun penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah 14-28 hari namun lebih baiknya memberikan penanganan supaya lebih cepat sembuh. Disaat proses terapi lintah akan ditempelkan tepat pada bagian yang sakit dan akan menghisap darah pada bagian tersebut dan mengeluarkan zat, salah satunya adalah hirudin yang berguna untuk melancarkan peredaran darah, selain itu lintah juga mengeluarkan zat thrombin yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka.

4. Sakit gigi

Jika anda mengalami sakit gigi yang dikarenakan gusi bengkak, sudah diobati namun tidak sembuh sembuh maka terapi sedot lintah bisa menjadi solusi selanjutnya. Disaat proses terapi ini biasanya beberapa lintah akan ditempelkan pada dagu, atau pipi yang bagian dalamnya terdapat gusi yang bengkak, dan jika pasien tidak keberatan bisa juga lintah langsung ditempelkan pada area gusi yang bengkak. Terapi ini dipercaya dan sudah terbukti dalam mengobati sakit gigi yang dikarenakan gusi bengkak.

Selain 4 masalah diatas bebepa kondisi yang dipercaya dapat diterapi dengan sedot lintah diantaranya hipertensi, nyeri sendi, diabetes, dan beberapa masalah sistem saraf lainnya. Selain lintahnya berguna untuk media terapi, kegunaan minyak lintah yang dihasilkanya juga berkhasiat untuk mengatasi masalah kulit. Jika anda ingin mencoba terapi yang satu ini sebaiknya pilihlah tempat terapi yang sudah profesional dan jangan lupa juga untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dulu.