Cara alami mengatasi sariawan

Sariawan merupakan suatu masalah yang menggangu, masalah ini biasanya terjadi pada bagian mulut, baik itu digusi, dibibir, dilidah dan dibagian lainnya. Banyak penyebab yang dapat memicu masalah ini seperti kurang vitamin, terkena bakteri, gusi atau lidah tergigit dan masalah lainnya.

Kondisi seperti ini sangat mengganggu dan tidak nyaman, rasa perih, untuk makan susah, untuk berbicara pun terkadang juga sakit. Dan jika seperti itu maka harus kita obati supaya cepat sembuh, dan berikut beberapa cara untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Makan buah

Sariawan bisa muncul karena kurangnya asupan vitamin serta adanya bakteri, maka dari itu kita perlu mencarikan solusinya. Solusi yang tepat bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah, seperti tomat atau buah lainnya. Tomat mentah sangat direkomendasikan untuk sariawan, karena buah ini mengandung banyak vitamin serta antioksidan yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Kumur dengan air garam

Berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam salah satu solusi untuk meredakan sariawan, garam mengandung antiseptik alami yang berguna untuk meredakan rasa sakit serta membunuh kuman penyebab sariawan.

Minum air putih yang cukup

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan jika tubuh kita kekurangan asupan air maka dapat menyebabkan hal hal yang berbahaya. Konsumsi air putih secara cukup dipercaya juga dapat mengurangi peradangan akibat sariawan. Hal ini karena dalam mulut kita tidak kering sehingga air liur tetap ada. Karena sariawan dapat bertambah parah apabila mulut karing karena kurangnya air liur.

Rutin membersihkan gigi

Kebersihan memang menjadi salah satu faktor kesehatan semuanya, tak terkecuali kesehatan mulut. Mulut yang sehat harus selalu kita upayakan dengan selalu membersihkannya dengan menggosok gigi secara teratur. Dengan begitu kesehatan mulut akan selalu terjaga dan tentunya sariawan bisa kita hindari.

Itulah beberapa cara alami untuk mencegah dan mengatasi sariawan. Meskipun sariawan bukanlah suatu penyakit yang berbahaya namun harus kita perhatikan dalam mengobatinya. Pasalnya masalah yang satu ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika makan ataupun berbicara.