Kelemahan Ban Tubeless, Apakah Anda Mengetahuinya?

sewa mobil malangBan merupakan salah satu fitur yang paling penting dalam sebuah kendaraan. Memang banyak onderdil lainnya yang penting dari mobil, namun tanpa ban, mobil sudah pasti tidak bisa berjalan, kecuali anda telah hidup di masa depan yang dikabarkan di film-film bila mobil bisa melayang di udara. Saat ini sudah ada riset untuk membuat kendaraan yang melayang di atas tanah, namun secara umum, hampir semua kendaraan di muka bumi ini menggunakan ban. Begitu pula bagi mereka yang menyediakan sewa mobil Malang untuk para tamunya, mustahil bila ada yang bisa menawarkan mobil tanpa ban untuk saat ini.

Ban itu sendiri ada dua macam pilihan umumnya, yaitu ban yang tradisional dimana dibagian dalam ada ban dalam kemudian dilapisi oleh ban luar, dan ban tubeless yang tidak memiliki ban dalam. Seiring perjalanan waktu, kebanyakan kendaraan yang baru-baru ini diluncurkan maupun yang dipakai oleh para pengguna adalah ban tubeless.

Pilihan ini adalah hal yang wajar mengingat warga abad informasi ini lebih mengutamakan hal yang praktis dan gak mau ribed bukan. Memang ban tubeless menawarkan berbagai kelebihan seperti saat terkena paku, ban tidak langsung kempes dan masih bisa mencari tambal ban atau bengkel terdekat. Selain itu, ban jenis ini sangat ringan dan kokoh ketika melewati tikungan, ban bisa mencengkram jalan dengan baik ketika dalam kecepatan tinggi.

Oleh karenanya tidak heran bila para produsen mobil saat ini lebih banyak memakai ban tubeless alih-alih ban model jadul. Dengan segala kelebihannya, ada beberapa kelemahan ban tubeless yang perlu anda ketahu. Salah satunya tentu ban jenis ini memiliki harga yang lebih tinggi dibanding ban model lama dan kelemahan yang lain dari ban jenis ini adalah umurnya yang biasanya tidak sampai setahun.

Hal yang lain adalah kondisi dari ban. Dengan kondisi karet dari ban yang lebih tebal dan kepadatan yang juga lebih dibanding ban biasa, akibatnya ban tubeless lebih keras, akibatnya adalah bila kita melalui jalanan yang kurang baik dan bergelombang, pelek dari kendaraan akan kalah dan bisa mengalami kerusakan. Nah akibat lainnya anda akan tahu, pelek yang rusak mengakibatkan ban tidak berumur panjang.

Untuk jenis pelek juga menjadi kelemahan dari ban tubeless. Umumnya, meskipun saat ini sudah ada teknologi untuk memasangkan ban tubeless pada pelek jari-jari, ban tubeless seringnya digunakan pada pelek racing. Tapi yah jujur aja, bila ban tubeless dipasangkan pada pelek jari-jari akan terlihat dipaksakan.

Dengan segala kelemahan ban tubeless itu, perlu kiranya kita mengetahui cara untuk mengatasinya agar kita bisa memakai ban tubeless lebih lama. Salah satunya dalah dengan melakukan pemeriksaan dengan rutin untuk mengetahui bila ada kerusakan dari awal. Perawatan yang lain adalah jangan sampai kita memasang berbagai aksesoris yang akan membuat beban ban anda menjadi berat.

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ketika mengalami kebocoran. Ketika anda mengalaminya, jangan tergesa-gesa untuk menambalnya dengan lem. Bila ini anda lakukan, bisa menyebabkan permukaan yang tidak bermasalah menjadi rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi, apalagi ban menjadi korosi atau baret. Juga ketika melakukan pengurangan tekanan angin, pastikan anda melakukan pengukuran tekanan pada saat keadaan ban tidak panas dan terakhir, hindari memaksakan kendaraaan anda terus berjalan sedangkan ban tubeless anda kempis.