Manfaat Bermain Game, Game Juga Bisa Mencerdaskan Anak Juga Lho!

Kita sudah banyak informasi tentang dampak buruk dari permainan game untuk anak-anak. Mulai dari perkembangan sosialnya terganggu, perkembangan emosionalnya tidak stabil, dan lain sebagainya. Tapi ternyata, segala sesuatu yang punya sisi negatif ternyata ada sisi positifnya juga. Tidak banyak yang tahu manfaat bermain game. Kabar baiknya, ternyata manfaat bermain game adalah mencerdaskan anak juga lho.

Sebagai orang tua kita juga harus bijak memilihkan permainan yang baik untuk anak. Karena tidak semua permainan memberi dampak positif yang besar. Selain sebagai sarana bermain anak ternyata game juga bisa memberi efek positif pada anak. Nah, sisi positif yang didapat seorang anak setelah bermain game yaitu;

1. Mampu mengikuti perintah

Saat usia TK, salah satu aspek yang harus dinilai atau diamati secara sunguh-sungguh adalah tentang bagaimana anak memahasmi instruksi. Hal iniberkaitan dengan kecerdasannya. Jika anak sudah memahami instruksi yang ada dialam permainan game, maka dia juga akan memahami instruksi gurunya nanti. Karena, mereka sudah terbiasa dengan game yang selalu adaa instruksi didalamnya. Sehingga otak mereka sudah memahami konsep instruksi itu sendiri.

2. Mengatasi masalah dan mempertajam logika

Ketika anak bermain game sejenis puzzle, maka mereka sedang belajar bagaimana memecahkan suatu permasalahan. Mereka memainkan logikanya bagaimana supaya dia bisa memperoleh nilai lagi dan menghindari jebakan-jebakan yang bisa membuat game mereka berakhir. Logika mereka terus diasah dalam setiap permainan game yang mereka mainkan. Semakin variatif konsep gamenya maka semakin banyak otaknya bekerja. Dari permainan inilah anak belajar mengatasi masalah yang ada dalam permainan.

3. Kordinasi mata dan tangan

Dalam permainan game seperti game tetang perang atatu sejenisnya, mereka harus pandai mengkoordinasikan tangan dan mata mareka secara sempurna. Karena kalau tidak maka mereka akan terus berada di level bawah. Dimana posisi lawan, kapan harus menembak, kapan harus menghindari tembakan, dan berbagai kemampuan lain yang berhubungan dengan keterampilan kordinasi mata dan tangan. Disini mereka dituntut untuk bisa mengendalikan permainan dan memenangkannya secepat mungkin denga nilai yang tertinggi juga.

4. Kemampuan multitasking

Saat memainkan game, beberapa permainan meminta seseorang harus berpikir bagaimana caranya menyelesaikan masalah dalam waktu yang sudah ditentukan. Misalnya seperti dalam permaianan game farehouse. Dimana pemainnya harus berpikir memasak roti, memberi makan ternak, menggiling padi, menjual hasil dagangan, dan tugas-tugas lain yang dilakukan dalam jangka waktu yang singkat. Melalui permainan ini dan sejenisnyalah mereka belajara mengerjakan banyak hal dalam kurun watu yang hampir bersamaan.

5. Kemampuan spatial

Kemampuan spatial anak pun akan meningkat kalau bermain game. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukan hasil yang mengejutkan bahwa ternyata pilot-pilot muda kini lebih ahli dalam mengendalikan laju pesawat. Setelah dilakukan survey ternyata kesimpulannya adalah karena sewaktu kecil mereka sering memainkan game yang dapat meningkatkan kemampuan spatial mereka. itulah kenapa mereka kini lebih mahir mengendalikan pesawat. Karena mereka sudah berlatih sejak kecil tanpa mereka sadari melalu permainan-permainan yang mereka lakukan.

Game bisa juga membawa dampak positif bagi perkembangan anak. Manfaat bermain game ini baru akan dirasakan dihari depan nanti. Orang tua harus mengawasi permainan dan waktu bermain anak. Supaya anak tidak kecanduan dan nantinya malah kehilangan manfaat bermain game itu sendiri. Satu hal lagi, anak juga harus dibatasi dalam permainan game online. Karena banyak iklan yang tidak baik untuk anak.