Manfaat mentimun untuk pakan kenari

Kenari adalah salah satu burung pemakan bijian yang banyak dipelihara oleh masyarakat, meskipun burung ini bijian adalah pakan utamanya namun burung kenari juga membutuhkan buah juga sayur guna mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkannya. Beberapa aneka pakan tambahan berupa sayur ataupun buah kerap diberokam, dan salah satunya adalah mentimun.

Mentimun merupakan salah satu sayur yang sering diberikan untuk burung kenari, ada banyak manfaat yang bisa didapat kenari apabila mengkonsumsi buah buah yang satu ini. Karena banyak kandungan nutrisi yang ada pada buah ini, beberapa diantaranya adalah vitamin A, B6, C, K dan beberapa nutrisi lain yang beanfaat. Dan berikut beberapa manfaat mentimun untuk pakan kenari.

1. Menurunkan berat badan kenari

Mentimun salah satu pakan tambahan yang sering kali diberikan sebagai pengganti pakan utama kenari (bijian). Pemberian pakan mentimun sebagai pengganti pakan untama bertujuan untuk menurunkan berat badan kenari tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa jika kenari kegemukan maka akan malas untuk berkicau, untuk itulah pemberian pakan mentimun bertujuan untuk menurunkan berat badannya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat mentimun untuk kenari yang ke empat adalah untuk melancarkan sistem pencernaan pada kenari, seperti yang kita ketahui bahwa mentimun memiliki kandungan serat serta air yang banyak. Selain itu mentimun juga bersifat sebagai pakan pencahar, yaitu untuk mengatasi masalah sembelit yang terjadi pada kenari, sehingga dapat membuat kotoran kenari keluar secara lancar.

3. Menurunkan birahi pada kenari {over birahi}

Manfaat yang kedua dari buah/sayur mentimun adalah menurunkan birahi pada kenari. Bagi peternak kenari apabila ada salah satu kenari jantan yang over birahi maka dapat menyusahkannya, pasalnya apabila kondisi tersebut terjadi maka kenari akan lebih agresif dan terkadang menabrak sangkar apabila melihat kenari betina. Untuk itu pemberian mentimun dapat berguna untuk menurunkan birahi pada burung kenari.

4. Sebagai pakan alternatif

Mentimun salah satu pakan tambahan yang bisa dikatakan sebagai pakan alternatif, contoh dikatakan pakan alternatif misalnya dikala perjalanan jauh kita membawa burung tersebut. Jadi sebagai ganti pakan bijian dan air minum, kita bisa menggantinya dengan mentimun, pasalnya mentimun mempunyai cukup air dan daging yang dapat memberi nutrisi pada kenari dan menghindari dehidrasi.

Itulah 4 manfaat buah mentimun untuk kenari, pemberian pakan mentimun tersebut harus diberikan secukupnya dan jangan berlebihan, pasalnya pakan utama burung kenari adalah biji bijian, untuk itu pakan mentimun hanyalah sebagai pakan tambahan saja. Cukup sekian semoga bermanfaat.