Menguak manfaat salah satu tanaman fitofarmaka purwowceng

Banyak anggapan yang mengira bahwa tanaman purwoceng khasiatnya layaknya hajar jahanam mesir atau produk lain yang berguna untuk masalah keperkasaan seorang pria saja. Namun dibalik anggapan tersebut ternyata tumbuhan yang satu ini memiliki segudang manfaat yang mungkin belum semua orang mengetahuinya.

Purwoceng adalah jenis tanaman terna yang mempunyai ukuran kecil dengan ciri tumbuhnya mendatar diatas tanah. Tumbuhan dengan nama ilmiah Pimpinella pruatjan ini hanya dapat tumbuh didaerah pegunungan. Semakin hari tanaman ini semakin sulit untuk ditemukan, pasalnya karena permintaan dari industri yang tinggi sedangkan populasinya yang rendah sehingga tanaman ini semakin sulit untuk ditemukan.

DiIndonesia sendiri khususnya dipulau Jawa tanaman ini hanya tumbuh subur didataran tinggi pengunungan Dieng saja, maka dari itulah tanaman ini semakin langka. Banyak orang yang mengenal khasiat dari tanaman ini hanya untuk keperkasaan pria saja, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa manfaat lain untuk kesehatan selain itu. Dan langsung saja berikut beberapa manfaat tanaman purwoceng untuk kesehatan:

1. Meningkatkan stamina

Institut pertanian Bogor (IPB) tahun 2007 melakukan penelitian dan diketahui bahwa akar tanaman ini berkhasiat untuk meningkatkan stamina, karena akar dari tanaman ini bersifat diuretika dan sering digunakan untuk aprosidiak atau penambah stamina.

2. Memperlancar peredaran darah

Pada akar purwoceng mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti, Saponin, tanin, alkaloid, serta beberapa senyawa lain yang bermanfaat. Beberapa senyawa diatas salah satu manfaatnya adalah untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

3. Mencegah masuk angin

Akar dari tanaman purwoceng juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin, untuk itu apabila anda mengalami gejala gejala masuk angin seperti badan meriang, mual, dan gejala masuk angin lainnya, anda dapat mengkonsumsi air seduhan dari akar tanaman purwoceng untuk mengatasinya.

4. Melancarkan buang air kecil

Selain bermanfaat untuk mencegah masuk angin, akar dari tanaman ini juga berkhasiat melancarkan buang air kecil. Anda dapat minum seduhan air purwoceng secara rutin supaya buang air kecil menjadi lebih lancar.

5. Mencegah penyakit hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu penyakit yang umum terjadi, ada berbagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk mencegah agar tekanan darah tinggi tidak naik dan salah satunya adalah akar dari tanaman purwoceng. Mengkonsumsi akar dari tanaman ini dipercaya dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain kelima manfaat diatas masih ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan apabila mengkonsumsi akar dari tanaman purwoceng, diantaranya seperti mencegah kanker, mengatasi capek capek dan pegal linu, penurun demam serta mencegah dan mengatasi cacingan.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman purwoceng yang mungin banyak orang belum mengetahuinya, pasalnya sebagian besar orang mengira bahwa tanaman ini hanya untuk keperkasaan seorang pria saja. Cukup sekian semoga bermanfaat..