Tentang Tawon di Dunia, Apakah Anda Mengetahuinya?

tentang tawonTawon adalah serangga terbang berukuran sedang yang ditemukan di seluruh dunia. Tawon itu dikenal dengan tanda hitam dan kuningnya yang kadang membuat orang bingung membedakan perbedaan beberapa spesies tawon dan lebah.

Tawon ditemukan di semua negara di dunia, di setiap benua kecuali wilayah kutub. Ada sekitar 75.000 spesies jenis tawon yang diakui di seluruh dunia yang tumbuh sekitar 2/3 inci panjangnya.

Dari semua jenis tawon yang paling dikenal karena sengatan beracunnya, bahwa jika manusia disengat, seringkali bisa membengkak menjadi benjolan yang menyakitkan yang membutuhkan beberapa hari untuk menenangkan. Beberapa orang alergi terhadap sengatan tawon yang berarti sengatan tawon bisa berakibat fatal.

Tidak semua jenis tawon bisa menyengat meski ada yang sering bisa mati begitu mereka menggunakan sengatannya, ketika sengat dibagian belakangnya seringkali menjadi copot. Ketika seekor tawon mati, ia mengeluarkan bau (disebut feromon) yang mengingatkan pada tawon lainnya akan adanya bahaya dan membutuhkan pertolongan.

Seperti banyak spesies serangga lainnya, tawon itu adalah serangga sosial dan biasanya berkumpul banyak tawon, kadang hingga 10.000 ekor, dan hanya tinggal dalam satu sarang. Tawon ratu adalah satu-satunya bibit betina dan dia membangun sarang dari zat papery yang terbuat dari kayu dan tanaman kunyah. Biasanya, tawon hanya hidup selama 12 – 22 hari.

Tawon adalah hewan omnivora dan karenanya memakan campuran antara tanaman dan hewan lainnya. Seperti lebah, tawon lebih menyukai tanaman yang lebih manis dan terutama memakan nektar, buah dan madu. Tawon juga memakan serangga dan bahkan ulat besar.

Meski warnanya cerah yang berguna untuk mencegah predator, tawon dimangsa oleh sejumlah hewan yang berbeda di seluruh dunia termasuk burung, amfibi, reptil dan berbagai spesies mamalia.

Tawon ratu meletakkan telurnya di dalam sarang yang menetas dalam beberapa hari. Saat larva tawon menetas mereka dirawat oleh tawon lain di sarangnya dan mulai mencari makanan untuk dibawa kembali ke sarangnya. Tawon diketahui bisa menempuh perjalanan hampir setengah kilometer dari sarangnya untuk mencari makanan.