Tips Memilih Indonesian Cloud Provider yang Tepat

Teknologi cloud computing sudah sangat marak berkembang di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya Indonesian cloud provider yang mulai dibangun dan diperkenalkan. Meskipun sudah banyak pilihan provider yang bisa dimanfaatkan perusahaan atau lembaga lainnya, namun harus tetap ada beberapa pertimbangan sebelum menggunakan jasa cloud.

Kriteria Ketika Menggunakan Jasa Provider Cloud

Berikut adalah kriteria yang bisa Anda pertimbangkan ketika hendak menggunakan jasa provider cloud, meliputi:

  • Performansi

Ketika berbicara mengenai performansi cloud, maka kecepatan merupakan yang paling utama. Anda pasti ingin mendapatkan akses yang cepat ke data cloud, namun mungkin tidak semua provider menawarkan kecepatan yang sama.

  • Keamanan data

Selain kecepatan, keamanan data merupakan faktor penting yang tidak boleh dilupakan. Tidak perlu ragu untuk menanyakan pada provider mengenai siapa saja yang bisa mengakses data center dan bagaimana mereka memonitor sistem keamanannya. Provider yang baik harus memiliki standar keamanan yang terus dimonitor dan ditingkatkan secara berkala, mulai dari dari virus, firewalls, enkripsi data, dan lain sebagainya.

  • Harga yang ditawarkan

Setiap provider mungkin menawarkan harga untuk layanan yang berbeda-beda. Nah, yang perlu Anda pastikan adalah apa saja yang ditawarkan dari harga tersebut. Apakah Anda akan dikenakan minimum penggunaan? Apakah harga tersebut berlaku untuk jam, hari, atau bulan? Provider yang baik juga akan transparan mengenai biaya yang dikenakan. Jangan sampai tiba-tiba Anda dikenakan biaya tambahan seperti untuk technical support, network, dan lain sebagainya yang menyebabkan biaya sewa Anda membengkak diakhir.

  • Standar dan sertifikasi perusahaan

Perusahaan cloud yang tepat seharusnya sudah memiliki standar serta sertifikasi sebagai dasar kelayakan layanan mereka. Sebagai contoh, untuk standar quality management ada ISO 9000, information security ada ISO 27001, dan IT service management yaitu ISO 20000.

  • Infrastruktur data center

Cari tahu apakah provider memiliki infrastruktur data center sendiri atau tidak. Apabila provider memilikinya, maka ia bisa dengan lebih fleksibel memberikan pelayanan jasa cloud.

  • Ketersediaan API

Application Programming Interface (API) bisa dimanfaatkan untuk melakukan automatisasi sehingga Anda bisa lebih leluasa menghubungkan dan mengontrol cloud resources dengan aplikasi yang Anda gunakan. Carilah perusahaan yang menyediakan API.

Selain kriteria di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa faktor seperti sistem monitoring, fleksibilitas layanan, local support, service legal agreement, dan biaya dari konektivitas jaringan.