5 Candi Yang Sering Dikunjungi Wisatawan di Yogyakarta

wisata jogja murah

Jogja terkenal dengan candi-candinya yang berdiri kokoh di beberapa kawasan di daerah istimewa ini. Candi-candi tersebut kebanyakan didirikan pada masa Kerajaan Mataram Kuno yang berkuasa di Dataran Prambanan dan sekitarnya pada abad 8-11 masehi. Selama mereka berkuasa di kawasan tersebut banyak candi yang dibangun sebagai bentuk terima kasih kepada Tuhan atau sebagai lambang kebesaran mereka. Candi-candi yang dibangun merupakan candi dengan corak agama Hindu dan Budhha, 2 agama besar di zaman dulu. Beberapa candi-candi masih dapat disaksikan dan dinikmati oleh masyarakat hingga sekarang. Dari sedemikian banyak candi yang ada terdapat beberapa candi yang sangat terkenal dan menjadi objek wisata jogja murah utama bagi wisatawan yang datang ke Jogja. Apa saja candi-candi yang terkenal dan sering dikunjungi wisatawan di Jogja? Berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Candi Borobudur

Candi pertama yang paling populer adalah Candi Borobudur. Candi ini sebenarnya berada di Magelang namun wisatawan asal Jogja banyak yang datang karena lokasinya yang dekat dengan Jogja. Borobudur adalah candi Buddha terbesar di Indonesia yang diperkirakan dibangun pada abad ke 8. Candi ini merupakan candi paling populer yang ada di Indonesia. Setiap harinya ribuan wisatawan datang untuk menyaksikan kemegahan dari candi yang dibangun untuk tempat para biksu untuk belajar mengenai kehidupan. Bersama-sama dengan Candi Prambanan, Borobudur menjadi salah satu peninggalan budaya oleh UNESCO.

  1. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi paling populer selanjutnya. Candi ini adalah Candi Hindu paling terkenal di Indonesia. Dengan bentuknya yang menjulang tinggi, tidak ada yang bisa menandingi keindahan candi yang dibangun sebagai persembahan untuk 3 dewa utama umat Hindu ini. Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke 9 masehi pada era Dinasti Sanjaya di zaman Kerajaan Mataram Kuno. Sama seperti Borobudur, setiap harinya Candi Prambanan selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

  1. Istana Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau Istana Ratu Boko adalah candi paling populer berikutnya. Kawasan ini merupakan istana atau keraton dari Kerajaan Mataram Kuno. Hal tersebut bisa silihat dari sisia-sisa peninggalan yang berupa pendopo, gerbang, parit pertahanan dan lainnya. Wisatawan banyak yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan berbagai macam sisa peninggalan kerajaan ini. Selain itu mereka juga datang untuk menyaksikan momen matahari terbenam yang pastinya sangat indah.

  1. Candi Ijo

Candi berikutnya yang tidak kalah populer adalah Candi Ijo. Candi terkenal dikalangan anak muda Jogja. Candi Ijo  berdiri di sebuah bukit yang memiliki ketinggian 410 meter diatas permukaan laut. Candi ini berjarak sekitar 4 km arah tenggara dari Istana Ratu Boko. Candi Ijo diperkirakan dibangun pada abad ke 10 atau 11 dan masih utuh hingga sekarang. Momen matahari terbenam di candi ini merupakan salah satu yang terbaik di Jogja. Oleh karena itu banyak sekali wisatawan yang datang saat sore hari untuk menikmati pemandangan yang luar biasa.

  1. Candi Mendut

Berlokasi di dekat Candi Borobudur membuat Candi Mendut ssering dikunjungi oleh wisatawan. Walau hanya berukuran kecil tetapi candi ini merupakan candi pending bagi umat Buddha. Lokasinya yang berada di pingir jalan besar juga memudahkan wisatawan untuk datang ke candi ini.

Demikian informasi singkat kami tentang candi-candi yang populer di Jogja. Jika wisatawan ingin berkunjung ke candi-candi tersebut dalam jumlah besar, bisa sewa bus Jogja agar perjalanan lebih nyaman dan aman.